Selasa, 11 Maret 2014

PSIKOLOGI PENDIDIKAN & TEKNOLOGI

Psikologi pendidikan adalah studi ilmiah tentang perilaku dan proses mental. Psikologi pendidikan adalah cabang ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan. Psikologi pendidikan adalah bidang yang sangat luas sehingga dibutuhkan satu buah bahasan tersendiri untuk menjelaskannya.
Teknologi mempunyai hubungan yang sangat erat dengan pendidikan. Teknologi bisa digunakan oleh      semua kalangan di dunia pendidikan. Dunia  pendidikan membutuhkan informasi  pengetahuan/wawasan. Pengetahuan bias ditemukan dengan  menggunakan teknologi informasi berupa internet  untuk mencari informasi yang bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih luas baik dibidang komputer, sains, sosial, maupun bidang lainnya. Mungkin kita ingin menguji kemampuan  berpikir kita dengan mengikuti ajang perlombaan dan kita bisa mencari informasi perlombaaan yang akan diadakan dengan mencari informasi tersebut melalui internet. Kita juga bisa mengirimkan hasil tugas kita kepada guru dengan menggunakan internet , serta mendapatkan teman yang lebih banyak dengan teknologi yang dapat kita gunakan sebagai cara untuk berbagi informasi tentang ilmu yang kita miliki. Dengan berkembangnya teknologi informasi seperti internet ini dapat memudahkan guru untuk memantau cara belajar siswa siswinya. Maka dari itu marilah kita gunakan teknologi informasi yang ada untuk meningkatkan dan memajukan sumber daya manusai di negara ini .
Teknologi memegang peran yang penting, terutama setelah berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, dimana komputer menjadi bagian integral didalamnya. Teknologi merupakan perkembangan, penerapan, dan penilaian sistem-sistem, teknik-teknik dan alat-alat baru untuk memperbaiki proses pembelajaran.
Perlu diingat, teknologi tidak akan menggantikan guru. Teknologi pembelajaran, sebenarnya memiliki posisi dan peran sebagai pengembang multimedia pembelajaran yang bermutu. Tentu saja bekerjasama dengan pihak lain.Implementasi teknologi di bidang pendidikan perlu diintegrasikan ke dalam perencanaan (master plan) terhadap semua aspek pengembangan pendidikan secara seimbang (bukan secara proyek). Sering pengumuman yang muncul di media mengenai teknologi di arena pendidikan kelihatannya kurang menilaikan penelitian dan pengalaman di dunia pendidikan. Kasus-kasus teknologi dan pendidikan tertentu kelihatannya juga diankat sebagai solusi umum.Memang kita wajib untuk mencari solusi yang kreatif, tetapi kita juga wajib untuk belajar dari pengalaman-pengalaman yang ada di dunia supaya kita tidak hanya mengulangkan kegagalan negara lain.
Dengan mengkombinasikan soft-technology (seperti strategi, metode pembelajaran) yang tepat dengan hard-technology yang ada, maka seorang pengajar dapat menyulap proses pembelajaran menjadi suatu pembelajaran yang menarik dan efektif (tujuan tercapai). Dalam hal ini, bukan teknologi yang membuat suatu pembelajaran berhasil, tapi ketepatan menerapkan teknologi itulah yang menyebabkan suatu pembelajaran berhasil dengan baik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar